Wisata Mata Air Cijanun Purwakarta,  Jadi Serbuan Pencinta Wisata Alam

dangiangkisunda.com – Destinasi wisata alam di Kabupaten Purwakarta kini bertambah. Seperti diketahui,  di wilayah Selatan Kabupaten Purwakarta membentang Gunung Burangrang, tidak salah bila di perkampungan wilayah ini terdapat banyak sumber mata air salah satunya mata air Cijanun.

Mata air Cijanun terletak di dua kampung yakni, Kampung Cijanun dan Lembang Sari Desa Cipendeuy Kecamatan Bojong, Purwakarta. Mata air ini terjaga debit airnya dan kejernihannya. Pasalnya sejak dulu dimanfaatkan PDAM, dibuatlah kolam penampungan mata air yang hingga kini masih utuh.

Seiring berjalannya waktu pemanfaatan sumber mata air Cijanun tidak kini dikembangkan menjadi wisata alam. Pemerintah desa setempat telah menatanya dan menjadikan Cijanun sebagai obyek baru wisata alam desa. Terlebih sejak dibuatkan kolam penampungan, aliran air Cijanun tak pernah surut.

Warga di dua kampung ini kemudian banyak menceritakan soal mata air Cijanun yang tak pernah surut. Dari mulut ke mulut dari telinga ke telinga. Kabar tak pernah surutnya Cijanun membuat banyak orang penasaran. Tidak lama di awal tahun 2016 kolam mata air Cijanun benar-benar tenar hingga menarik banyak pengunjung dari Purwakarta dan luar daerah.

Kini setiap akhir pekan Cijanun selalu ramai dikunjungi wisatawan dari Purwakarta dan pengunjung dari daerah tetangga Purwakarta.

Seorang pemuda Kampung Cijanun, Muhammad Mustofa (25) menceritakan bagaimana media sosial menarik banyak pengunjung. Pasalnya remaja Kampung Cijanun sering mengunggah foto kolam mata air Cijanun ke media sosial sejak awal tahun lalu, dari medsos itu menyebar ke pengguna internet lain hingga tertarik mengunjungi Cijanun.

“Awalnya ini mulai rame sejak awal tahun. Ramenya setelah warga sini posting foto kolam renang ke media sosial,” katanya, Sabtu (13/8/2016).

Menurut Mustofa yang lebih menarik bagi pengunjung ialah cerita mata air Cijanun yang tak pernah surut dan kejernihan airnya. Dua hal ini telah mempengaruhi masyarakat luar kabupaten mengunjungi kolam mata air Cijanun di Desa Cipendeuy Kecamatan Bojong, Purwakarta.(amh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.