image

dangiangkisunda.com – Gelaran Festival Bela Diri Internasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta, sudah dimulai pada Jumat, 1 April 2016. Festival yang akan berlangsung hingga Sabtu, 2 April 2016, ini diikuti enam delegasi: Brazil, India, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, dan Indonesia.

Mengawali festival ini, Pemkab Purwakarta mengajak sekitar 88 orang kontingen dari enam negara delegasi bersepeda santai menyusuri jalan-jalan protokol kota Purwakarta. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut dalam acara sepeda santai tersebut.

image

Rombongan menempuh trek dengan jarak sekitar 5 kilometer, dimulai dari Taman Pancawarna Pendopo Purwakarta menuju Jalan R.E. Martadinata. Sepeda santai ini juga menyusuri jalan-jalan besar lainnya dan mengakhiri perjalanan kembali ke Taman Pancawarna.

“Kami mengajak bersepeda santai agar para delegasi bisa lebih akrab dan melihat langsung kota Purwakarta yang menjadi tempat diselenggarakannya festival ini,” kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Jumat, 1 April 2016.

Setelah bersepeda, Bupati Dedi Mulyadi pun mengajak para delegasi melepas lelah sambil menikmati sarapan di area Pendopo Purwakarta. Mereka dijamu dengan menu sarapan khas Purwakarta seperti soto, surabi, mie kocok, dan es cendol. Sajian ini memang sengaja dihidangkan untuk memperkenalkan bermacam menu kuliner khas Purwakarta.

image

“Saya sangat senang bisa datang ke Purwakarta dan mengikuti festival ini. Selain warganya ramah, kotanya bagus dan bersih, makanannya juga enak sekali,” kata Lee Seung Jin salah satu anggota delegasi Korea Selatan.

Festival Bela Diri Internasional yang diadakan di Purwakarta pada 1-2 April 2016 ini akan menampilkan pertunjukkan bela diri tradisional dari tiap negara peserta. Festival ini juga menghadirkan aktor silat ternama Indonesia, Iko Uwais, dan tokoh perguruan Silat Panglipur khas Sunda, Cecep Arif Rahman. (amh/bon)

image

Leave a Reply

Your email address will not be published.