Pendopo PurwakartaDangiangKiSunda.Com — Wajah sumringah nampak pada pasangan Farid Farhan dan Inda Nurdiana. Pasalnya, kedua mempelai yang berasal dari daerah Pasawahan, Purwakarta ini mencatat sejarah sebagai pasangan pertama yang akan menikah di pendopo Purwakarta, Kamis (13/10).

Bupati Purwakarta, H.Dedi Mulyadi,SH., mengungkapkan bahwa Pendopo Purwakarta diizinkan digunakan untuk umum sebagai tempat akad nikah. “Pasangan yang menikah pertama kali, dan setelah ini juga akan ada pasangan yang menikah lagi. Dengan melaksanakan akad di Pendopo, Pemda Purwakarta memberikan ruang bagi warga yang ingin melaksanakan pernikahan,” ungkapnya.

Selain memberikan ruang untuk akad, Pemda Purwakarta juga akan menyiapkan hiburan bagi pasangan yang menikah. Bentuk hiburan yang diberikan adalah kesenian tradisional seperti calung, domyak. “Ini sesuai Perbup Desa berbudaya dimana hiburan yang diperbolehkan adalah hiburan seni yang tidak mengumbar syahwat atau tidak bertentangan dengan norma masyarakat,” jelas Bupati Dedi.

Farid Farhan, mempelai pria mengungkapkan kebahagiaan yang tak terhingga karena mencatat sejarah sebagai pasangan pertama yang melangsungkan akad nikah di pendopo. “Merupakan kebahagiaan yang tidak bisa diungkapkan. Selain bahagia dengan perkawinan, juga bangga bisa mencatatkan diri sebagai pasangan yang pertama,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Farhan, dia tidak menyangka diperbolehkan oleh Pemda Purwakarta memakai pendopo untuk akad. “Saya kira tidak diperbolehkan ternyata boleh. Saya apresiatif pemkab purwakarta memberikan ruang publik bagi warganya yang ingin melaksanakan akad di pendopo.”, tandasnya. (dks)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.