image

dangiangkisunda.com – Untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, Pemerintah Daerah kabupaten Purwakarta, mengeluarkan Peraturan Bupati (PERBUP) No.37 Tahun 2016, tentang Kabupaten Purwakarta bebas dari penggunaan kantong plastik. Hal itu diungkapkan oleh Bupati Purwakarta kang Dedi Mulyadi,SH. Senin (22/2) Purwakarta.

Hal itu juga bagian dari dukungan pemerintah kabupaten Purwakarta dalam Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah memberlakukan kantong plastik berbayar sebagai bentuk kepedulian lingkungan agar sampah yang berasal dari kantong plastik berkurang.

Dedi mengungkapkan untuk membebaskan Purwakarta dari penggunaan kantong plastik, masyarakat dalam berbelanja bisa menggunakan tote bag.

“Sudah banyak kan ukm–ukm yang membuat tote bag, bisa masyarakat menggunakan tote bag dalam berbelanja jadi tidak perlu menggunakan kantong plastic ataupun tas jinjing yang dahulu menjadi kebiasaan ibu–ibu dahulu.”, ujarnya.

Jinjingan tersebut bisa diberikan secara gratis sesuai dengan ketentuan jumlah barang yang dibeli. Atau nantinya jinjingan tersebut bisa dijual sebagai pelengkap namun dengan harga yang relatif terjangkau.

Kang Dedi pun menambahkan bahwa kantong plastic sendiri merupakan limbah yang tidak bisa diurai, sehingga dirinya mengeluarkan PERBUP agar tidak ada lagi penggunaan kantong plastik di Purwakarta.

“Plastik kan tidak bisa diurai oleh tanah, perlu ratusan tahun baru bisa terurai, sehingga saya keluarkan Perbup No.37 tentang purwakarta bebas kantong plastik, agar di purwakarta tidak ada lagi yang memakai kantong plastik sehingga benar – benar bebas dari penggunaannya.”, ungkapnya.

Pihaknya berharap Perbup yang akan disosialisasikan mulai hari ini bisa membawa dampak positif bagi masyarakat. Bukan hanya dari segi lingkungan namun juga membangkitkan ekonomi kreatif di Kabupaten Purwakarta.(amh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.