Datuk Roy Azlan memberikan cenderamata kepada Dedi Mulyadi di Bale Nagri, Purwakarta  (17-12-2015)_

dangiangkisunda.com – Tertarik dengan pidato Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi tentang perekonomian berbasis desa di ajang ASEAN Enterpreneurship Summit di Malaysia beberapa waktu lalu, Majelis Amanat Rakyat (MARA) Selangor, Malaysia langsung tertarik bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam pengembangan Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM).

Hal itu diutarakan langsung oleh Datuk Roy Azlan, Corporate Advisor MARA ketika berkunjung ke Bale Nagri Purwakarta, Kamis (17/12).

MARA yang bergerak di bawah Kementerian Pengembangan Nasional dan Desa Malaysia memang fokus pada bidang yang berkaitan dengan peluang UMKM yang ada di daerah rural dan pedesaan.

Roy menjelaskan selain ide tentang pengembangan ekonomi pedesaan, dirinya pun ingin tahu secara langsung potensi sektor lain yang ada di Purwakarta. Salah satunya adalah bidang pariwisata dan kuliner.

“Saya berminat untuk keliling dan melihat langsung Kota Purwakarta. Melihat berbagai sektor yang bisa kita terapkan juga di Selangor,” kata Roy.

Sementara, Bupati Dedi Mulyadi memaparkan potensi yang dimiliki Purwakarta. Di bidang UMKM daerah pinggir kota ada pengembangan gerabah keramik. Di pusat kota sedang disiapkan wisata pendidikan didukung empat museum tematik dengan fasilitas digital.

“Untuk daerah pedesaan, Purwakarta juga akan mengembangkan konsep kampung adat produktif yang menunjang ketahanan pangan melalui sistem pertanian organik,” tandasnya.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh para pengusaha dan pegiat UMKM di Malaysia. Mereka diajak berkeliling Purwakarta untuk melihat potensi di berbagai bidang termasuk mencicipi kuliner asli Purwakarta yaitu Sate Maranggi. (bon)

Leave a Reply

Your email address will not be published.