sukasari destinasi wisata Purwakarta

DangiangKiSunda.Com – Sukasari adalah salah satu di antara keindahan yang dimiliki Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Pesona alam yang dimiliki Kecamatan Sukasari, bagaikan surga yang tersembunyi. Gunung-gunung menjulang tinggi, panorama alam terhampar hijau indah dan masih asri. Sangat eksotis.

Jarak tempuh dari pusat Purwakarta menuju Kecamatan tersebut mencapai 57 KM. Sudah hampir 50 tahun, Sukasari termasuk daerah terisolir. Karena lokasi Kecamatan tersebut berada disebrang Dana Jatiluhur Ir H Djuanda Kecamatan Jatiluhur. Sementara akses jalan tak ada. Pelancong yang ingin mengunjungi Kampung tersebut harus melewati danau Jatiluhur, itupun mesti menyewa perahu kayu, orang Purwakarta menyebutnya bargas.

Sekarang cerita tersebut telah usang, Kecamatan yang disebut-sebut dengan istilah Kecamatan terisolir kini sudah tak ada. Masyarakat Sukasari sudah bisa tersenyum lebar. Saat ini, Kecamatan Sukasari sudah memiliki jalan darat sepanjang 57 KM yang lebarnya sekitar 12 Meter.

Adanya jalan tersebut, tentunya tidak lepas dari kebijakan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Dengan keberaniannya, Kang Dedi, sapaan akrab Dedi Mulyadi, telah membuka jalan di Kecematan Sukasari. Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Daerah (Pemda) Purwakarta mengelontorkan anggaran pembuatan jalan sebesar 40 Milliar.

Kenapa Pemda Purwakarta mengelontorkan anggaran sebesar itu? Bisa dirasionalisasi. Jalan menuju Kecamatan Sukasari bukanlah jalan biasa yang sudah ada sejak dulunya. Jalan Sukasari yang baru ini ialah membebaskan hutan belantara.

Alasan lain, Bupati berani mengeluarkan anggaran besar karena Sukasari memiliki keindahan yang luar biasa keren. Kang Dedi Mulyadi menginginkan Sukasari menjadi Destinasi Wisata baru yang ada di Purwakarta. Bahkan belum lama ini, tahap pertama peresmian jalan di Sukasari sudah diselengarakan. Tahap berikutnya, Pemda Purwakarta  akan dilakukan pembetonan. Jalur penghubung antar kecamatan ini diharapkan sudah bisa dilalui pada bulan Juli 2016.

“Kecamatan Sukasari jadi destinasi wisata,” ungkap Kang Dedi.

Adapun beberapa wisata di Purwakarta yang sudah ada. Di antaranya, air terjun cipurut Wanayasa, Bendungan Jatiluhur, Bendunga Ubrug, Bendungan Cirata, Taman Maya Datar, Taman Citra Resm Situ Buled, Puncak Gunung Para, Gunung Lembu. Dari lokasi yang telah ada, Sukasari akan menjadi lokasi yang paling terindah.(Muhit Ibnu Abbas)‎

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.