image

dangiangkisunda.com – Sejumlah Kasepuhan dari Kampung Adat Naga, Kampung Adat Ranca Kalong, Nonoman Karaton Sumedang Larang, Kampung Adat Ujung Jaya, perwakilan tokoh kawargian Bandung, Aom Otong T. Wiranata Kusuma, Perwakilan Kaprabon Cirebon Pangeran Hempi, Adat Karuhun kuring Cigugur, Aleutan Patanjala, Pangaoban Citarum, Pangaoban Cimanuk, Padepokan Taji Malela mereka hadir guna bersilaturahim menemui Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Kegiatan ini mereka lakukan tak lain
guna memberikan dukungan untuk kang Dedi agar tetap konsisten menjaga “ngamumule Budaya Sunda”. Mereka merasa kagum sekaligus bangga dengan upaya-upaya Dedi Mulyadi.

Dalam kesempatan itu Kang Dedi meminta nasihat dan masukan dari semua kasepuhan adat Sunda yang ada di Jawa Barat ini. Sekaligus mengingatkan bahwa Sunda harus menjaga lingkungannya sekaligus orang-orang Sunda harus menjadi pioner perubahan ke arah yang lebih baik.

image

Menurut kasepuhan Sunda Otong Natakusuma, Kami jujur merasa rindu dengan sosok yang berani menegakkan dan membudayakan budaya Sunda. Kami berterima kasih atas inisiatif yang sudah dilakukan. Sekaligus kami memotivasi bahwa Bupati Purwakarta harus tetap konsisten untuk menjaga budaya Sunda.

Bahkan kami tidak ingin bahwa budaya Sunda jangan sampai ditinggalkan dan diganti dengan budaya lain. Dan yang paling penting jangan sampai bahwa Sunda terpinggirkan oleh isme-isme lain yang masuk. Sehingga seolah-olah nantinya mereka yang tetap ikut untuk menjaga budaya Sunda disebut kampungan.

Upaya kang Dedi patut kami apresiasi. Karena memang tatar Sunda perlu sosok pemimpin yang berani menegakkan Sunda sebagai identitas yang sesungguhnya bagi warga Jawa Barat.(hsr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.