IIC(3) IIC(6)

dangiangkisunda.com – Imam Besar Masjid Washington DC Mohammad Bashar Arafat kagum dengan Islam Purwakarta dan sosok Bupati Purwakarta, Kang Dedi Mulyadi. Kekaguman itu ia ungkapkan seiring pola Islam yang menyatu dengan kekuatan Lokal cultur Sunda di Purwakarta.

IIC(4)

Hal itu ia ungkapkan dalam acara International Islamic Conference (IIC) 2015 yang digelar The Institute Democracy and Education (IDE) Selasa, 01/12, di Pendopo Kabupaten Purwakarta.

Sambungnya, tantangan dakwah di Amerika itu luar biasa karena Islam adalah Agama minoritas tidak seperti di Indonesia. Namun ada hal yang perlu diingat bersama, bahwa walaupun minoritas ada jurus kunci keberhasilannya dalam menjalankan Syiar Islam di Amerika, yaitu Islam berkembang karena Leadhership. Memimpin secara global dan memimpin secara lokal itulah kunci keberhasilan Islam berkembang di Amerika.

IIC(2)

Islam itu datang sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin. Untuk mengembalikan manusia beribadah kepada Allah SWT dengan cara-cara yang diajarkan Allah dan Rosul-Nya. Namun secara syiar dia tidak boleh meninggalkan lokal cultur disetiap belahan dunia yang ada selama tidak bertentangan dengan substansi ajaran Islam. Karena itu merupakan kekayaan Peradaban manusia yang diciptakan oleh Allah SWT.

IIC
Imam mengungkapkan, Saya sudah 15 tahun menjadi Imam besar Masjid Washington DC. dan baru pertama kali berkunjung ke salah satu kota di Indonesia yang memiliki keindahan arsitektur kantor pemerintahan yang menakjubkan. Ini tentu berbeda dengan lokal cultur Amerika yang sudah metropolis. Sedangkan ditempat ini lokal cultur Sunda Islamnya sangat dinamis, tradisional yang memodern.

Kedatangan Imam Besar masjid Washington DC ini mendapat apresiasi yang luar biasa karena dihadiri ratusan peserta yang antusias hadir di Pendopo Purwakarta. Para peserta dalam kesempatan itu diberikan kesempatan tanya jawab yang dipandu oleh Gugun Gumilar Direktur IDE, sekaligus sebagai penerjemah. (hsr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.