IMG_20151204_102849

dangiangkisunda.com – Duta Desa Kabupaten Ciamis mengunjungi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Purwakarta, pada jumat (04/12/15) pagi. Dalam kunjungannya, sekitar 26 pasang duta wisata desa di Kabupaten Ciamis bertujuan untuk belajar sistem pengelolaan Desa Berbudaya dan wisata yang ada di Purwakarta.

Ketua Pengembangan Pembangunan Desa (LP3D) Kabupaten Ciamis Andi Ali Fikri menuturkan komunitas pasanggiri galuh geulis Kabupaten Ciamis ini sengaja datang ke Purwakarta untuk belajar tata pengelolaan desa dan wisata yang ada di Purwakarta.

“Ada beberapa daerah yang kita Study banding, Purwakarta dan Ciwidey Bandung,” ungkapnya. Berdirinya duta wisata ini, kata Andi sebagai salah satu bentuk perhatian pemuda terhadap tata kelola Desa di Kabupaten Ciamis.

“Semua peserta ini dari kalangan mahasiswa, sedang dalam proses pendidikan,” ujarnya. Pendidikan yang diberikan untuk para duta tersebut, nantinya diberikan pendidikan tentang pengetahuan, politik, budaya, ekonomi dan lain-lain.

“Tentunya kami berharap duta ini bisa memberikan sumbangsi terhadap desa-desannya, dan juga ini sebagai langkah untuk mempersiapkan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asea (MEA),” katanya. Tujuan terpenting dari duta ini ujar Andi sebagai satu langkah untuk menciptakan lapangn kerja yang mandiri. Merekan agar bisa menciptakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). “Kemandirian, mengalli potensi desa yang ada,” pungkasnya.(Amh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.