Dinas Kesehatan PurwakartaDangiangKiSunda.Com – Sejak empat tahun terakhir, Pemkab terus berupaya membenahi fasilitas kesehatan. Salah satu yang paling menenjol, yakni program kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat yang diberi nama program Jaminan Kesehatan Masyarakat Purwakarta Istimewa (Jammpis). Kebijakan yang digulirkan sejak 2013 lalu ini, bentuk perlindungan dan jaminan kesehatan kepada masyarakat.

Dalam program ini, Pemkab menggandeng 11 Rumah Sakit yang ada di Purwakarta dan Bandung. RS tersebut, ditunjuk sebagai pelayan untuk memberikan pengobatan bagi warga Purwakarta yang sakit.

Jadi, dalam program ini semua masyarakat yang miskin dan yang kaya jika sakit bisa dilayani di 11 rumah sakit dengan cukup membawa foto kopi kartu keluarga (KK), KTP, dan surat rujukan dari Puskesmas setempat.

“Jaminan itu diberikan kepada siapa saja, tak membedakan si miskin dan si kaya,” kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi

Fasilitas dan layanan rawat inap yang diberikan ini adalah layanan kelas III. Namun, klaim pengobatannya tak terbatas. “Berapa pun klaim pengobatannya, kami akan bayar,” ujar Dedi. Jaminan pengobatan gratis tersebut juga berlaku untuk semua jenis penyakit. “Mulai dari penyakit DBD, chikungunya, mata, ginjal, jantung hingga yang mengalami stres atau penyakit gila sekalipun,” tutur Dedi.

Selain itu, pemkab pun menambah fasilitas cuci darah di RSUD dan menanggung biaya untuk pasien cuci darah. Kemudian, pelayanan kesehatan di RSUD diberlakukan dua kelas di rumah sakit tersebut. Yakni, kelas umum dan kelas VIP. Kelas umum, khusus bagi pasien keluarga miskin. Sedangkan kelas VIP, khusus bagi pasien berbayar.

Fasilitas jaminan pengobatan gratis tersebut diberikan khusus kepada warga di luar profesi PNS, TNI, Polri, dan para pekerja pabrik yang sudah memperoleh jaminan kesehatan dari masing-masing institusinya. “Jumlah warga yang mendapatkan jaminan rawat inap dan pengobatan gratis tersebut tak kurang dari 500 ribu orang, atau setengah dari jumlah penduduk Purwakarta,” Dedi menjelaskan. (DKS)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.