Festival Budaya Dunia Purwakarta-1

DangiangKiSunda.Com – Acara puncak hari jadi Purwakarta tahun 2015 digelar Festival Budaya Dunia pada Sabtu (29/08). Tak tanggung-tanggung, 17 negara ikut meramaikan event dunia ini.

Seperti Seniman China menampilkan seni beladiri khas negara tirai bambu itu, Shaolin Khungfu. Sementara Mesir, menampilkan tarian Whirling, tarian khas seniman Sufi yang memutar terus menerus, hingga tak kalah menarik, Indonesia yang diwakili seniman Sukowati Bali menampilkan Ogoh-Ogoh.

Tak hanya itu, tercatat beberapa negara menampilkan seni budaya andalannya masing-masing. India menampilkan tarian Bhangra, semacam tarian dengan bunyi-bunyian gelang kaki yang nyaring lengkap dengan pakaian Sari India.

Japan menampilkan seni drum tradisionalnya. Turki dengan tarian Zeybek & Teke, Seniman Italia dengan tarian Folk, Meksiko sendiri menampilkan musik orkestra khasnya yang populer dengan nama Mariachi Music lengkap dengan para penarinya.

Sementara, di benua Afrika, ada Afrika selatan dengan parade musik dan tarian yang bernama Cape Town Minstrels, semacam tarian kegembiraan dari para seniman yang wajah hingga seluruh tubuhnya penuh warna warni simbol kebahagiaan hidup.

Tentu saja, negara Asia tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Philipina menampilkan seni budaya andalannya.

Bukan hanya event festival seni budaya dunia saja,  para seniman delegasi negara peserta ini juga melakukan serangkaian acara, Salah satunya membuka Stand pameran produk seni budaya tradisinya. Dilanjutkan malam harinya Gala Diner dan performance panggung mereka di halaman taman Pancawarna,

Kamis besok (27/08), delegasi negara peserta akan melakukan city Tour keliling kota purwakarta, ini upaya Pemkab purwakarta memperkenalkan kotanya pada dunia. Baru, Sabtu nya digelar festival budaya dunia mulai start di persimpangan jalan baru hingga finish di taman maya datar alun-alun purwakarta.

Bukan hanya delegasi negara peserta, festival juga diikuti seni budaya dari 7 propinsi di Indonesia. Diantaranya Banten dengan seni Debus, DKI Jakarta menampilkan Ondel-ondel, Jawa Timur dengan seniman Semut Merah, Jawa Tengah dimeriahkan seniman Banyumasan.

Ada juga seniman dari Maluku Tengah, Propinsi Bali dan Jawa Barat sendiri. Selain itu, ada juga delegasi peserta dari 3 kabupaten kota di jawa barat. Mereka dari Ciamis dengan seni Dugig, Garut dengan Surak Ibra dan Kota Bogor yang membawakan seni Boboko Logor.

Iringan-iringan festival juga dilengkapi dengan kehadiran pasukan berkuda dari para wakil rakyat purwakarta dan tentu saja dipimpin bupatinya, Dedi Mulyadi dan diikuti para Muspida setempat. Di belakangnya ada iring-iringan 4 Kereta Kencana yang dimiliki Pemkab purwakarta.

Masing-masing kereta kencana “Ki Jaga Rasa, Nyi Malati, Jaka Sunda, Kereta Jogja dan satu lagi kereta gerobak sapi yang membawa hasil bumi.

Humas Setda Purwakarta

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.