IMG_6103

dangiangkisunda.com – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mewanti-wanti jajarannya agar memutar lantunan ayat suci Alquran di setiap kantor instansi pemerintah. Pemutaran  dilakukan setiap pagi hari sebelum memulai aktifitas.

Menurut kang Dedi, Alquran bukan saja harus diperdengarkan ketika acara resmi Peringatan Hari Besar Islam saja, tetapi harus dibaca dan didengarkan setiap hari, maka dalam waktu dekat lantunan ayat suci Al Qur’an akan diperdengarkan melalui sound system yang terhubung ke setiap ruangan di kantor Instansi Pemerintah setiap pagi.

“Nanti juara Qiro’ah yang memiliki pelafalan dan suara yang bagus, suaranya kita rekam dan kita perdengarkan setiap pagi ke semua ruangan di kantor pemerintah, pegawai juga harus baik cara membaca Qur’annya,” kata kang Dedi.

kang Dedi dalam kesempatan ini juga memberikan pengarahan mengenai Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten di Pendopo Bale Paseban. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh pemerintah daerah, untuk tahun ini peserta MTQ berjumlah 64 orang terdiri dari peserta tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah setelah sebelumnya mengikuti seleksi di tingkat Kecamatan.

Terkait MTQ, Dedi menyampaikan bahwa juara MTQ Kabupaten Purwakarta harus mampu bersaing ditingkat Jawa Barat agar dapat mengharumkan nama Purwakarta.

“Dalam MTQ ini saya ingin yang terbaik bukan saja jago kandang di Purwakarta tetapi mampu bersaing di tingkat provinsi, peserta kali ini sedikit karena memang seleksi ketat, kita kan mengutamanakan kualitas judulnya juga ‘Musabaqoh’,” ujar Dedi

Di tempat yang sama Kepala Sub Bagian Agama dan Masyarakat, Dindin Ibrahim mengatakan MTQ ini merupakan acara tahunan yang rutin dilakukan untuk menggali bakat dan kemampuan anak-anak Purwakarta dalam hal membaca Al Qur’an, selain itu mengasah kemampuan ‘budaya’ mengolah lagam atau aliran lantunan ayat suci Al Qur’an.

“Aliran nya kan banyak, ada bayati, nihawan, dari bayati pun banyak lagi jenisnya. Kami yakin anak-anak Purwakarta bisa menguasai itu semua”. Kata Dindin selaku ‘leader sector’ acara ini. (bon/amh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.