image

dangiangkisunda.com – Akhir-akhir ini Bupati Purwakarta banyak menemui orang tua yang ditelantarkan oleh anak-anaknya. Menyikapi persoalan ini, Bupati yang akrab disapa Kang Dedi ini menuturkan bahwa dia akan mencabut subsidi bagi siapapun warga yang melakukan perbuatan keji itu. Hal ini dia sampaikan di sela kegiatan Sekolah Ideologi. Kamis (31/3) di Bale Citra Resmi Purwakarta.

Tujuan pemberian sanksi berupa pencabutan subsidi ini menurut Dedi bertujuan agar masyarakat lebih memberikan perhatian kepada orang tuanya apalagi saat menginjak usia senja. Bahkan hari ini pun dia mengaku mendapatkan laporan melalui SMS Center dan akun sosial media miliknya. “Saya tuh sering bingung, kok tega ada anak yang meninggalkan orang tua sendiri. Kemarin di Margasari, hari ini baru saja dapat laporan lagi ada anak yang menjual tanah orang tuanya, lalu orang tuanya ditelantarkan begitu saja. Hal seperti ini tidak bisa dibiarkan, maka kami berikan sanksi pencabutan subsidi pendidikan dan kesehatannya”. Kata Dedi geram.

image

Lain menelantarkan, lain pula bagi mereka yang sudi merawat orang tua yang ditinggalkan anak-anaknya. Dedi berujar, Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan mengapresiasi secara langsung dengan memberikan insentif sebesar Rp1,5 juta per bulan bagi siapapun yang mau merawat orang tua yang ditelantarkan oleh anak-anaknya. “Contohnya seperti di daerah Cipinang, Cibatu Purwakarta, ada Abah Kadim yang sehari-hari diurus segala kebutuhannya oleh Ibu Itoh, padahal Ibu Itoh tidak ada hubungan kerabat dengan Abah Kadim”. Ujar kang Dedi bercerita.

image

Dedi menutup paparannya dengan mengatakan bahwa Program ini merupakan cermin kehadiran negara dalam kehidupan warga negara yang mengalami kesulitan dalam hidupnya. “Jika negara tidak hadir dalam kasus-kasus seperti ini, maka saya khawatir suatu saat negara ini tidak diakui keberadaannya oleh warganya sendiri”. Kata kang Dedi menutup.(amh/bon)

Leave a Reply

Your email address will not be published.