image

dangiangkisunda.com – Senyum bahagia terlihat di wajah pasangan usia lanjut Abah Sawin (82) dan Mak Erat (76) warga Desa Benteng Kecamatan Campaka Purwakarta. Pasangan ini ditemui langsung oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi Senin (28/3) di rumah mereka yang sederhana. Kedatangan orang satu di Purwakarta ini tidak lain dalam rangka membantu karena pasangan renta ini tidak memiliki sistem sanitasi yang baik dirumahnya.

“Abah kunaon saurna tebih kanggo milarian cai? yeuh ku abdi dibantos ieu aya artos, damelkeun sumur sareng kamar mandi kin Pak Kades nu ngadamelkeunna” (Abah kenapa, katanya jauh mencari air? Ini saya ada sedikit uang, buatkan sumur dan kamar mandi, nanti kamar mandinya Pak Kades yang buat. Red). Kata Dedi dengan gaya “loma” (gaya santai)

image

Pemberian bantuan dari Bupati Purwakarta ini membuat haru pasangan sehari-hari bekerja sebagai buruh tani ini. “Nuhun kang dedi, nuhun abah tos dibantosan”. (Terima kasih kang dedi, terima kasih abah telah dibantu.Red). Kata Abah Sawin.

Ketika dikonfirmasi oleh Humas Pemerintah Kabupaten Purwakarta ihwal dari mana Bupati Dedi mendapat informasi tentang keluarga Abah Sawin, Dedi mengatakan bahwa dirinya mendapatkan informasi melalui sms center 08121297775. “Isi sms-nya mengatakan keadaan keluarga Abah Sawin, punya anak satu, tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan beliau harus bersusah payah untuk mendapatkan air”. Kata Dedi menjelaskan.

image

Lebih lanjut Dedi menjelaskan bahwa Abah Sawin akan mendapatkan fasilitas pembangunan rumah untuk rakyat miskin lengkap dengan sanitasi pelengkapnya. “Karena usianya sudah lansia tentu kita bantu, anggarannya sudah ready kok dari APBD Purwakarta per satu rumah itu ada bantuan sebesar Rp10 juta, untuk Desa Benteng ada Rp400 juta karena disini ada 10 rumah yang harus diperbaiki, semua desa akan mendapatkan program ini”. Kata Dedi menambahkan. (amh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.