Bupati Dedi MulyadiDangiangKiSunda.Com – Jangan panggil Dedi Mulyadi sebagai Bupati Purwakarta, Provinsi Jawa Barat (Jabar) kalau tidak nyeleh cara berpikirnya. Kali ini pria yang senang memakai iket sunda dan baju pangsi putih berencana mendirikan Bale Waktu Kunjung Pacar (Pacar).  Dengan adanya Bale Wakuncar para remaja yang hobinya pacaran bisa diawasi dengan ketat. Sehingga hal yang tidak diinginkan tidak terjadi di Purwakarta.

Istimewanya, pendirian Bale Wakuncar bukan hanya di perkotaan, setiap Dusun di seluruh Desa Kabupaten Purwakarta akan dibangun Bale Wakuncar. Namun saat ini, ‎pembangunan Bale Wakuncar akan dimulai dari dua Desa terlebih dulu. Yaitu Desa Cibeber Kecamatan Kiarapedes dan Desa Cilandak Kecamatan Cibatu.

Rencana pendirian Bale Wakuncar di dua Desa, akan dimulai sekitar 1 Oktober 2015. Dan ditargetkan dengan jangka dua bulan Bale Wakuncar selesai dibangun. Kerennya lagi, Bale Wakuncar ‎dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari televisi (TV), Wifi hingga CCTV.

Bale Wakuncar di Kabupaten Purwakarta ini memang hanya ada satu-satunya di Indonesia. Bahkan fungsi Bale Wakuncar itu sendiri bukan hanya berfungsi untuk pacaran remaja yaang ada di Desa tersebut. Bale Wakuncar memiliki multi fungsi, seperti rapat, musyawarah dan keperluan lainnya yang ada di Desa tersebut.

Pendirian Bale Wakuncar yang digagas Bupati Dedi Mulyadi patut diberikan apresiasi. Apalagi pendirian Bale Wakuncar, salah satu program dari Desa Budaya yang tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 70 A tahun 2015.

Kepala Desa Cibeber Anwar Sadat, mengaku sangat gembira dengan dibangunnya Bale Wakuncar. Menurut dirinya, adanya Bale itu sebagai antisipasi remaja yang pacaran bisa terawasi.

“Saya sangat senang dan gembira sekali, akan didirkan Bale Wakuncar. Jadi remaja yang pacaran bisa terawasi,” kata anwar. (Muhit Ibnu Abbas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.