image

dangiangkisunda.com – Aliando Ujang Supriadi seorang anak berusia  15 tahun yang mendadak populis gara-gara sepanggung dengan Bupati Purwakarta. Saat acara Safari Budaya Sunda di desa Pucung Kecamatan Kota Baru Karawang.

Bukan tanpa sebab Aliando anak asal Cikampek ini mendadak terkenal karena punya kebiasaan berbicara Sunda “garihal” (berbicara kasar khas Sunda) saat satu panggung dalam acara “Safari budaya Sunda” sempat melontarkan kata “Anjing siah tong ngomong!” Hal itu ia ungkapkan karena saat dipanggung ia di ejek sama teman-temannya yang berada di bawah panggung.

Gaya bicara Aliando saat di panggung itu langsung mendapat respon dari kang Dedi dengan guyonan meladeni gaya berbicara “garihal” Aliando. Dalam tuturannya saat diskusi dengan kang Dedi, Aliando mengungkapkan kisah kesehariannya. Diantaranya sebelum ketemu dengan kang Dedi, Aliando suka bekerja sebagai kendek bongkar muat Pasir dan barangkal.

Menariknya, Aliando yang hidup keras ini diakhir diskusi dengan kang Dedi, dia merasa sedih dengan kondisi yang dialaminya. Karena ia saat ini hidup dengan neneknya yang sehari-harinya harus berjualan gorengan. Dan bekerja sebagai buruh cuci. Hal ini membuat Aliando tidak tega dengan pengorbanan neneknya. Terlebih ayah ibunya sejak ia kecil sudah bercerai.

Diakhir dialog dipanggung dengan kang Dedi karena tersentuh dengan kondisi anak itu, kang Dedi memberikan bantuan uang tunai. Hal itu membuatnya menangis tersedu. Karena baru pertama kali ia mendapat perhatian dari orang lain. Terutama dari sosok seorang pemimpin. (hsr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.