dangiangkisunda.com – Pensiunan di salah satu perusahaan BUMN ternama, Udju Djunaedi (68) warga Desa Gunung Hejo, Darangdan, Purwakarta yang sehari-hari menjadi pustakawan keliling di wilayahnya ternyata menginspirasi Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk menginisiasi gerakan “Purwakarta Resep Maca”.

Resep (bahasa Sunda) memiliki arti suka (bahasa Indonesia) sementara Maca (bahasa Sunda) sepadan dengan Membaca (bahasa Indonesia). Program ini baru ini memang bertujuan untuk membangun tingkat kesukaan yang lebih baik dari warga Purwakarta terutama pelajar terhadap minat baca.

Abah Udju sendiri, yang juga memiliki keahlian membuat suling dari bambu, sebelum diangkat menjadi Tenaga Harian Lepas oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta, setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB menjumpai anak-anak di 10 desa yang terletak di Kecamatan Darangdan Purwakarta.

Namun, setelah diangkat menjadi Tenaga Harian Lepas yang bertugas membuat suling, dirinya hanya berkesempatan menjadi pustakawan keliling setiap hari Sabtu saja.

Mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Abah Udju, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kemudian menggulirkan program ini dengan cakupan bukan hanya Kecamatan Darangdan tetapi seluruh desa di kabupaten yang dia pimpin.

“Perangkat desa yang bertugas di masing-masing wilayah akan menjadi pustakawan keliling, kita siapkan 200 sepeda, satu desa atau kelurahan punya satu pustakawan keliling. Linmas kan bisa kita berdayakan,” jelas Dedi hari ini Rabu (8/2) saat berbincang dengan Abah Udju di rumah dinasnya Jalan Gandanegara No 25.

Untuk suplai buku sendiri, pria yang kerap disapa Kang Dedi tersebut sudah memberikan instruksi melalui sms center 08121297775 kepada seluruh pegawai untuk menghibahkan buku milik mereka kepada para pustakawan keliling.

Adapun teknis pengumpulan buku tersebut akan dikoordinir oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta yang berkantor di Jalan Veteran Kompleks Perum Griya Asri No 1 Kelurahan Ciseureuh Purwakarta Telp. (0264) 212575.

Melihat langkah kesehariannya diadopsi oleh Kang Dedi, Abah Udju yang hari ini mendapatkan hadiah sepeda baru lengkap dengan tas untuk buku, mengaku bahagia dan berharap masyarakat Purwakarta terutama pelajar semakin gemar membaca.

“Saya terima kasih kepada Kang Dedi, dikasih sepeda baru, koleksi buku saya sejak kunjungan beliau tempo hari ke rumah pun tambah banyak, sudah ada 500 buku dan majalah. Semoga masyarakat Purwakarta tambah gemar membaca, pelajar juga,” pungkasnya. (amh)

Leave a Reply

Your email address will not be published.